jawaban no 3 uas
saya akan menjelaskan tentang kelemahan dan kekurangan sistem informasi jika tidak menggunakan aplikasi ERP atau aplikasi odoo. pertama kita harus mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kelemahan aplikasi odoo tersebut
Jadi ERP ini mengintegrasikan semua proses bisnis seperti proses manufaktur, pendistribusian, logistik, persediaan/ inventory sehingga semua kegiatan tersebut dapat dipantau.
Dari penjelasan pengertian ERP diatas, terdapat beberapa Keuntungan dan Kerugian dari sistem ERP
KEUNTUNGAN ERP:
Keuntungan dari implementasi ERP diantaranya:
Integrasi data keuangan. Oleh karena semua data disimpan secara terpusat, maka para eksekutif perusahaan memperoleh data yang up-to-date dan dapat mengatur keuangan perusahaan dengan lebih baik.
Standarisasi Proses Operasi. ERP menerapkan sistem yang standar, dimana semua divisi akan menggunakan sistem dengan cara yang sama. Dengan demikian, operasional perusahaan akan berjalan dengan lebih efisien dan efektif.
Standarisasi Data dan Informasi. Database terpusat yang diterapkan pada ERP, membentuk data yang standar, sehingga informasi dapat diperoleh dengan mudah dan fleksibel untuk semua divisi yang ada dalam perusahaan.
Keuntungan diatas adalah keuntungan yang dapat dirasakan namun tidak dapat diukur. keberhasilan implementasi erp dapat dilihat dengan mengukur tingkat return on investment (ROI), dan komponen lainnya, seperti:
pengurangan lead time
peningkatan kontrol keuangan
penurunan inventori
penurunan tenaga kerja secara total
peningkatan service level
peningkatan sales
peningkatan kepuasan dan loyalitas konsumen
peningkatan market share perusahaan
pengiriman tepat waktu
kinerja pemasok yang lebih baik
peningkatan fleksibilitas
penggunaan sumber daya yang lebih baik
KERUGIAN ERP:
Kerugian yang mungkin terjadi ketika salah menerapkan ERP antara lain adalah:
Strategi operasi tidak sejalan dengan business process design dan pengembangannya
Waktu dan biaya implementasi yang melebihi anggaran
Karyawan tidak siap untuk menerima dan beroperasi dengan sistem yang baru
Persiapan implementation tidak dilakukan dengan baik
Berkurangnya fleksibilitas sistem setelah menerapkan ERP
KELAMAHAN ERP:
Kelemahan-kelemahan dari ERP adalah sebagai berikut (Jogiyanto, 2003) :
Implementasi ERP sangat sulit karena penerapannya yang terintegrasi dan organisasi harus merubah cara mereka berbisnis. Kesulitan penerapan ERP ditambah dengan adanya resistance to change dari personil yang terkena imbasnya akibat perubahan proses dari bisnis.
Biaya implementasi ERP yang sangat mahal
Organisasi hanya memikirkan manfaat yang besar dari penerapan ERP tetapi tidak mempersiapkan personilnya untuk berubah
Permasalahan lainnya adalah pada personil yang tiba-tiba dibebani dengan tanggung jawab yang lebih besar dengan kesiapan yang kurang baik mental maupun keahliannya.
Dari penjelasan pengertian ERP diatas, terdapat beberapa Keuntungan dan Kerugian dari sistem ERP
KEUNTUNGAN ERP:
Keuntungan dari implementasi ERP diantaranya:
Integrasi data keuangan. Oleh karena semua data disimpan secara terpusat, maka para eksekutif perusahaan memperoleh data yang up-to-date dan dapat mengatur keuangan perusahaan dengan lebih baik.
Standarisasi Proses Operasi. ERP menerapkan sistem yang standar, dimana semua divisi akan menggunakan sistem dengan cara yang sama. Dengan demikian, operasional perusahaan akan berjalan dengan lebih efisien dan efektif.
Standarisasi Data dan Informasi. Database terpusat yang diterapkan pada ERP, membentuk data yang standar, sehingga informasi dapat diperoleh dengan mudah dan fleksibel untuk semua divisi yang ada dalam perusahaan.
Keuntungan diatas adalah keuntungan yang dapat dirasakan namun tidak dapat diukur. keberhasilan implementasi erp dapat dilihat dengan mengukur tingkat return on investment (ROI), dan komponen lainnya, seperti:
pengurangan lead time
peningkatan kontrol keuangan
penurunan inventori
penurunan tenaga kerja secara total
peningkatan service level
peningkatan sales
peningkatan kepuasan dan loyalitas konsumen
peningkatan market share perusahaan
pengiriman tepat waktu
kinerja pemasok yang lebih baik
peningkatan fleksibilitas
penggunaan sumber daya yang lebih baik
KERUGIAN ERP:
Kerugian yang mungkin terjadi ketika salah menerapkan ERP antara lain adalah:
Strategi operasi tidak sejalan dengan business process design dan pengembangannya
Waktu dan biaya implementasi yang melebihi anggaran
Karyawan tidak siap untuk menerima dan beroperasi dengan sistem yang baru
Persiapan implementation tidak dilakukan dengan baik
Berkurangnya fleksibilitas sistem setelah menerapkan ERP
KELAMAHAN ERP:
Kelemahan-kelemahan dari ERP adalah sebagai berikut (Jogiyanto, 2003) :
Implementasi ERP sangat sulit karena penerapannya yang terintegrasi dan organisasi harus merubah cara mereka berbisnis. Kesulitan penerapan ERP ditambah dengan adanya resistance to change dari personil yang terkena imbasnya akibat perubahan proses dari bisnis.
Biaya implementasi ERP yang sangat mahal
Organisasi hanya memikirkan manfaat yang besar dari penerapan ERP tetapi tidak mempersiapkan personilnya untuk berubah
Permasalahan lainnya adalah pada personil yang tiba-tiba dibebani dengan tanggung jawab yang lebih besar dengan kesiapan yang kurang baik mental maupun keahliannya.
jadi dapat diketahui apa kelemahan dan kekurangan sistem informasi jika tidak menggunakan ERP atau odoo
1. Tidak terintegrasinya data keuangan, karena semua data tidak disimpan secara terpusat, maka para eksekutif perusahaan sulit memperoleh data yang up-to-date dan tidak dapat mengatur keuangan perusahaan dengan lebih baik.
2.
Tidak terstandarisasi Proses Operasi. Dimana semua divisi tidak menggunakan sistem dengan cara yang sama. Dengan demikian, operasional perusahaan akan berjalan dengan tidak efisien dan tidak efektif.
3. Tidak terstandarisasi Data dan Informasi. Sehingga informasi tidak dapat diperoleh dengan mudah dan tidak fleksibel untuk semua divisi yang ada dalam perusahaan
Zahir Accounting adalah software akuntansi keuangan yang sangat inovatif, namun sangat berbeda dengan software akuntansi lainnya. Selain mempermudah pembukuan, dimana seluruh jurnal akuntansi dan laporan keuangan dibuat secara otomatis tanpa perlu mengerti teori akuntansi yang mendalam, Zahir Accounting juga akan mempermudah Anda dalam mengambil keputusan bisnis, karena dilengkapi berbagai analisa laporan keuangan perusahaan, seperti analisa rasio, break even point analysis, berbagai grafik dan laporan interaktif yang menarik dan terintegrasi.
Dengan segala kelebihannya, Zahir Accounting Software lebih tepat disebut sebagai “Business Management Software” daripada software akuntansi, yang umumnya hanya berfungsi untuk mencatat jurnal transaksi, membuat laporan laba rugi dan laporan neraca, yang hanya mudah digunakan oleh mereka yang mengerti teori akuntansi.
Zahir Accounting versi 1.0 dibuat pertama kali pada tahun 1996 dan pada tahun 1997, mulai dikembangkan versi 2.0 dan mulai dipasarkan pada tahun 1999. Hingga saat ini, Zahir Accounting telah digunakan di perusahaan kecil maupun perusahaan besar dengan 6000-an user di Indonesia, dan telah memperoleh beberapa penghargaan di tingkat nasional. Dalam perkembangannya, Zahir Accounting terus mengalami perbaikan dan penyempurnaan dimana saat ini versi terbaru yang telah dirilis adalah Zahir Accounting versi 5.1 build 10. Perbaikan dan penyempurnaan tersebut dilakukan untuk menyesuaikan perkembangan teknologi dan kebijakan yang diterapkan sehingga Zahir Accounting selalu up to date.
Zahir Accounting adalah sebuah program akuntansi keuangan berbahasa Indonesia, fleksibel, berfasilitas lengkap dan berdayaguna tinggi, yang dirancang agar tepat dengan kebutuhan usaha kecil dan menengah di Indonesia. Aplikasi ini ibangun dengan konsep bahwa akuntansi keuangan adalah mudah dan menggunakan aplikasi akuntansi keuangan adalah sebuah pengalaman yang menyenangkan, bahkan oleh pengguna yang baru mulai mempelajari komputer dan akuntansi.
Sebagian besar input transaksi yang dilakukan pengguna menggunakan formulir yang mudah dipahami dan sering ditemui dalam keseharian, sehingga pengguna tidak perlu takut salah dalam menginput transaksi, tidak perlu bingung mana yang debet dan mana yang kredit, program secara otomatis akan melakukannya untuk Anda.
Zahir Accounting memiliki beberapa jenis produk, antara lain :
1. Zahir Small Business Accounting 5.1
Digunakan untuk usaha kecil yang bergerak di bidang jasa dan perdagangan, organisasi nirlaba dan perorangan, yang memerlukan pembukuan sederhana, mengelola uang, piutang, tagihan dan pelaporan yang lengkap namun dengan harga sangat terjangkau, dan lain-lain.
2. Zahir Flexy Money 5.1
Digunakan untuk usaha kecil yang bergerak di bidang jasa, organisasi nirlaba dan perorangan, yang memerlukan pembukuan praktis dan lengkap, mengelola uang, giro, piutang, tagihan dan pelaporan secara mudah dan cepat, dan lain-lain.
3. Zahir Flexy Trade 5.1
Digunakan untuk usaha kecil bidang perdagangan yang memerlukan pembukuan praktis dan lengkap, untuk mengelola uang, persediaan barang dagangan, piutang, tagihan dan pelaporan secara mudah dan cepat, dan lain-lain.
4. Zahir Accounting Personal 5.1
Digunakan untuk usaha kecil dan menengah dalam bidang usaha jasa dan organisasi nirlaba yang ingin mengelola usaha dengan mudah dan lengkap, untuk usaha yang menerima order dengan sistem proyek, mengelola dan menghitung penyusutan fixed asset, sesuai untuk bidang usaha advertising, kontraktor, dan lain-lain.
5. Zahir Standar 5.1
Digunakan untuk usaha kecil dan menengah dalam bidang perdagangan, konstruksi, retail sedang, yang ingin mengelola usaha dengan mudah, memberikan kemudahan dalam mengelola proyek, menghitung penyusutan aktiva tetap, sesuai untuk bidang usaha kontraktor, real estate, pabrik kecil, retail, dan lain-lain.
Penerapan Cepat.
Gunakan Zahir Sales Order lalu sambungkan dengan data Zahir Accounting 6.
Tak Kenal Batasan Waktu dan Tempat.
Selama server dan internet aktif, tenaga penjual dapat memasukkan transaksi SO.
Tetap Aman dan Terkendali.
Keamanan data tetap terjamin dengan sandi unik yang harus ditetapkan di server Anda.
Langsung Terproses Dengan Saksama dan Realtime.
Transaksi SO langsung masuk ke daftar transaksi Sales Order Zahir Accounting
Gratis.
Aplikasi ini dapat diunduh dan diinstal secara cuma-cuma di tablet iPad.
Mendukung Dua Bahasa, Indonesia dan Inggris.
Sangat disarankan bagi tenaga pengedar atau distributor makanan, minuman, alat kesehatan, obat-obatan untuk rumah sakit, dan produk-produk lainnya.
Kali pertama dibuat ACCURATE mengkonsentrasikan pembuatan software paket. Kelebihan software paket adalah harga bisa relatif murah dikarenakan banyak penggunanya. Sedangkan jika membuat software tailor made maka biaya development atas software tersebut ditanggung oleh satu perusahaan atau satu holding company. Jarang perusahaan yang mampu untuk membuat software tailor made ini dikarenakan harganya yang sangat mahal dan waktunya lama.
Sebagai perumpamaan kalalu kita ingin membeli baju, biasanya menjelang lebaran orang-orang sibuk mencari baju baru. Dulu mungkin belum ada pabrik konveksi dan supermarket (mall) sehingga sebulan menjelang lebarang semua penjahit selalu rame. Prosedurnya adalah kita beli kain dulu, lalu datang ke tukang jahit, oleh tukang jahit badan kita diukur, kemudian tukang jahit akan melakukan pekerjaan selama seminggu bahkan lebih jika pesanannya banyak. Selama seminggu itu pula kita menunggu dengan hasil yang “belum jelas”. Maksud belum jelas disini, yaitu kita tidak tahu persis bagaimana nantinya baju itu selesai.
Komentar
Posting Komentar